May 19, 2019

Perhatikan Untung Rugi Pinjaman Online Cepat Cair Berikut Ini

Pinjaman online cepat cair memang memberikan kemudahan untuk mendapatkan dana tunai. Syaratnya pun tergolong sangat mudah. Kamu hanya butuh KTP dan aplikasi, uang tunai sudah bisa di tangan dengan cicilan yang ringan.

Akan tetapi masih sedikit yang sadar bahwa di balik itu semua ada risiko yang harus dipahami. Ada untung rugi mengandalkan pinjaman online dengan syarat mudah seperti itu. Risiko inilah yang pada akhirnya menjerat debitur dengan utang yang tak kunjung bisa dilunasi.

Agar lebih bijak, pahami dulu untung rugi pinjaman online berikut ini.

Keuntungan Pinjaman Online Cepat

Praktis dan Cepat

Seperti namanya, pendaftaran dan pengajuan melalui pinjaman online cepat relatif lebih cepat. Selain itu bisa melakukan pendaftaran secara online tanpa harus datang ke kantornya langsung. Jauh lebih praktis jika dibandingkan mengajukan pinjaman ke bank.

Perusahaan pinjaman online cepat semakin mempermudah untuk mengajukan pinjaman dana tunai maupun cicilan untuk belanja barang. Kemudahan inilah yang akhirnya dipilih oleh konsumen karena bisa membantu memenuhi berbagai kebutuhan yang mereka inginkan.

Syarat Mudah

Pinjaman online pada umumnya hanya mensyaratkan KTP dan estimasi pendapatan bulanan. Jika sudah punya pendapatan bulanan, proses pengajuan pinjaman hampir tidak pernah ditolak.

Bandingkan dengan syarat yang diminta oleh lembaga keuangan konvensional seperti bank. Selain harus ada syarat mutasi rekening, juga dilakukan pengecekan BI checking atau riwayat keuangan berupa catatan utang di bank atau lembaga keuangan lainnnya.

Fintech pada umumnya tidak menggunakan proses seleksi seperti layaknya bank atau lembaga keuangan lain. Perusahaan pinjaman online tidak memberikan syarat berat seperti jaminan atau agunan. Kemudahan syarat inilah yang membuat perusahaan pinjaman online menjamur.

Bunga Terjangkau

Meskipun kata orang bahwa bunga fintech mahal dan mencekik pada dasarnya tidak ada masalah selama penggunanya mampu untuk membayar. Lagipula bunga yang diberikan sudah diinformasikan sejak awal.

Memang bunga yang diberikan fintech jauh lebih tinggi dibandingkan dengan bank, tetapi hal tersebut merupakan konsekuensi dari persyaratan yang mudah tanpa proses BI checking. Fintech sudah punya sistem seleksi sendiri dengan menggunakan algoritma yang mereka kembangkan sendiri untuk mengidentifikasi profil calon debiturnya.

Cicilan Fleksibel

Inilah kehebatan fintech karena memberikan fleksibilitas soal cicilan. Umumnya beberapa fintech memberikan pilihan cicilan mulai dari 30 hari hingga 12 bulan.

Bahkan perusahaan seperti Kredivo saja tidak membebani bunga sama sekali untuk pembelanjaan online menggunakan Kredivo dengan pembayaran dalam waktu 30 hari.

Kerugian Pinjaman Online

Denda Keterlambatan Tinggi

Inilah beberapa kerugian yang luput dari pengamatan para debitur. Padahal syarat dan ketentuan seperti ini seharusnya sudah diketahui oleh calon debitur. Dengan begitu mereka bisa memperkirakan kapan cicilan mereka harus dibayarkan sebelum jatuh tempo.

Risiko Pencurian dan Penjualan Data

Bagi perusahaan pembiayaan yang belum terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan RI sangat rawan melakukan modus pencurian data untuk dijual kepada pihak ketiga. Itulah mengapa OJK RI mewanti-wanti agar calon debitur hanya meminjam dan memanfaatkan layanan dari perusahaan pinjaman online yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK RI.

Kredivo termasuk salah satu perusahaan pembiayaan online yang sudah terdaftar di OJK. Sehingga kamu tidak perlu khawatir semua transaksi yang dilakukan lewat aplikasi Kredivo.

Daftarnya mudah, yang penting penuhi syarat utama berikut ini:

  • Berstatus Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Berusia antara 18 sampai 60 tahun
  • Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon
  • Berpenghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan

 

Setelah itu tinggal mengunduh aplikasi resminya di Google Play Store maupun App Store dan lakukan pendaftaran kurang dari 3 menit saja.

Kredivo juga punya dua fitur pinjaman yakni pinjaman mini dan pinjaman jumbo. Pinjaman mini mulai dari Rp 500 ribu sampai dengan Rp 1 juta dengan bunga 2,95% dalam waktu 30 hari.

Sedangkan pinjaman jumbo mulai dari Rp1 juta sampai dengan batas kredit limit yang dimiliki. Bunganya sama-sama 2,95% saja per bulan dengan tenor lebih fleksibel antara 3 dan 6 bulan pembayaran. Keduanya akan dikenai administrasi sebesar 6% dari total pinjaman.

Itulah untung rugi pinjaman online cepat cair yang harus kamu ketahui terlebih dahulu. Pilih perusahaan pinjaman online tepercaya seperti Kredivo.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *