December 16, 2019

Pentingnya olahraga dan menjaga kesehatan

Ternyata Ini 5 Manfaat Sesungguhnya dari Pemanasan Sebelum Olahraga

Menjaga kesehatan merupakan tugas setiap orang untuk mendapatkan tubuh yang sehat sehingga mampu beraktivitas dengan baik dan terhindar dari penyakit, untuk menjaga sebenarnya tidak sulit dan bisa dilakukan siapapun dan dilakukan seiring beraktivitas. Menjaga kesehatan cukup dilakukan dengan menghindari makanan yang buruk untuk kesehatan dan dengan melakukan istirahat yang cukup. Namun aktivitas yang padat bagi para pekerja ataupun mahasiswa rasanya sulit dilakukan terutama berolahraga, karena berolahraga membutuhkan waktu luang yang akan sangat sulit dimiliki. Olahraga dapat menjaga tubuh dalam kondisi sehat karena menjaga metabolisme tubuh, menjaga sistem peredaran darah, dan masih banyak manfaat berolahraga termasuk menjaga kondisi tubuh agar lebih kuat melawan penyakit.

Walaupun berolahraga itu penting, namun hanya sedikit orang yang menyadarinya dan menerapkannya di kehidupan sehari-hari, biasanya orang akan berolahraga hanya ketika memiliki waktu libur seperti weekend, walau masih banyak yang benar-nenar meluangkan waktu untuk berolahraga seperti saat pulang dari pekerjaan. Namun jika benar-benar tidak dapat meluangkan waktu untuk berolah raga, lalu apa yang bisa kamu lakukan untuk menjaga tubuh agar tetap fit, ini dia tips jika kamu tidak memiliki waktu yang cukup namun tetap ingin berolahraga

  1. Memiliki alat berolahraga di rumah

Memiliki alat untuk membantu berolahraga dirumah akan membuat kamu bisa berolahraga kapan saja, salah satu alat yang biasanya dipilih ialah trade mill, yang memungkinkan kamu bisa berjalan atau berlari di rumah, memiliki alat olahraga akan memungkinkan kamu berolahraga minimal 30 menit yang bisa dilakukan ketika kamu bangun atau sebelum tidur, walau demikian kamu membutuhkan budget lebih untuk bisa memiliki alat untuk berolahraga.

  1. Melakukan gerakan ringan

Kamu bisa melakukan gerakan ringan ketika kamu bangun atau sebelum tidur, dengan ini kamu tetap bisa berolahraga walau tidak banyak memiliki waktu luang dan tanpa perlu mengeluarkan budget berlebih untuk membeli alat penunjang berolahraga, gerakan ringan yang bisa kamu lakukan diantaranya push up, squat, plank, hingga lari kecil.

Selain hal-hal di atas, jika kamu tidak bisa melakukan setidaknya sempatkan olahraga ketika weekend, agar kamu tetap melakukan olahraga walau hanya 2 hari saja dalam seminggu. Pastikan kamu mendapatkan asupan makanan bergizi yang cukup untuk menjaga kesehatan tubuhmu. Untuk berjaga-jaga pastikan kamu memiliki asuransi kesehatan jika kamu terlanjur terkena penyakit, sehingga kamu akan mendapatkan dana ketika kamu harus melakukan pengobatan. Pemerintah bahkan sudah menyediakan asuransi kesehatan yang bisa kamu miliki secara perorangan atau melalui instansi tempatmu bekerja. Caranya pun mudah, kamu bisa mendaftar melalui instansi tempatmu bekerja, atau mendaftar secara pribadi. Cara mendaftar BPJS online bahkan sudah tersedia dengan melakukan rangkaian pendaftaran melalui aplikasi mobile JKN yang bisa kamu dapatkan melalui playstore atau appstore. Cara daftar BPJS online cukup mudah, namun kamu harus mendapatkan nomor registrasi dahulu yang bisa kamu dapatkan di kantor BPJS dengan membawa persyaratan-persyaratan seperti KTP, kartu keluarga, fotokopi buku tabungan, dan foto. Setelah mendapatkan nomor registrasi dan verifikasi data di kantor BPJS kamu tinggal membuka aplikasi yang telah kamu miliki dan melengkapi serta menyelesaikan proses pendaftarannya.

Meskipun kamu memiliki asuransi kesehatan kamu juga tetap harus menjaga kesehatan, karena kesehatan merupakan yang utama yang akan terus mendukung segala kesibukanmubterutama hari-hari kerjamu. Olahraga teratur merupakan awal hidup sehat yang akan membuatmu mendapatkan tubuh yang sehat dan kuat.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *