April 2, 2020

Agar Tubuh Tetap Bersemangat Saat Berpuasa, Maka Menu Sahur Inilah Yang Wajib Ada

5 Tips Sahur Ala Rasulullah SAW, Bikin Puasa Kamu Jadi Berkah

Datangnya bulan suci Ramadhan menjadi berkah tersendiri bagi setiap orang, terlebih untuk umat Islam. Itu sebabnya, mengapa bulan Ramadhan ini merupakan bulan yang penuh berkah dan penuh ampunan. Tentu saja kita sebagai seorang Muslim akan memanfaatkan bulan Ramadhan untuk beribadah sebaik mungkin, agar mendapatkan pahala yang berlimpah. 

Namun di awal Ramadhan, biasanya tubuh kita akan merasa lemas dan lesu sehingga tidak bersemangat untuk beraktivitas. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini akan memberikan beberapa menu sahur yang bisa membuat tubuhmu tetap bersemangat saat menjalankan ibadah puasa. Tanpa banyak panjang lebar lagi, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

  1. Tumis Brokoli

Menu sahur pertama yang wajib kamu persiapkan agar tubuh tetap bersemangat saat berpuasa, yakni berupa tumis brokoli. Pasalnya, jenis sayuran yang satu ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk dalam meningkatkan stamina tubuh. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, brokoli ini diklaim mampu mencegah penyakit kanker lho. Nah, agar kandungan vitamin dan nutrisinya tidak berkurang, disarankan bagi kamu untuk menumis brokolinya setengah matang saja. 

  1. Tumis Kangkung

Selain tumis brokoli, ternyata tumis kangkung juga tidak kalah pentingnya untuk dijadikan menu sahur. Ya, terang saja demikian, sebab menu murah meriah yang satu ini banyak mengandung nutrisi seperti zat besi, vitamin A, fosfor, mangan, dan lain sebagainya. Tentu saja semua kandungan tersebut sangat kita butuhkan, agar tubuh tetap fit dalam menjalankan ibadah puasa. Menariknya lagi, cita rasa tumis kangkung ini jauh lebih lezat ketimbang tumis brokoli. 

  1. Telur

Siapa sih diantara kita yang tidak kenal dengan jenis makanan yang satu ini? Ya, telur ini merupakan sumber protein hewani, yang tentu saja sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Kamu pun bisa membuat telur untuk menu sahur dengan cara di orak-arik atau di rebus. Namun, disarankan bagi kamu untuk merebus telurnya agar lebih sehat karena tanpa minyak. 

  1. Sayur Bayam

Ini dia salah satu jenis sayuran yang direkomendasikan untuk dijadikan menu makan sahur. Mengapa demikian? Pasalnya, sayur bayam ini kaya akan kandungan vitamin A, zat besi, kalsium, mangan, dan fosfor. Selain dapat meningkatkan stamina tubuh, sayur bayam ini juga dapat memelihara kesehatan tulang lho. Melihat manfaatnya yang begitu luar biasa, tentu saja sayur bayam tersebut wajib kamu jadikan sebagai menu sahur. Agar kandungan nutrisinya tidak berkurang, maka memasak sayur bayamnya jangan sampai terlalu matang ya!

  1. Sayur Sop

Sedap, gurih, dan bergizi, itulah yang akan kamu dapatkan pada menu sayur sop. Menu ini terdiri dari potongan daging ayam / sapi dengan perpaduan macam sayuran seperti wortel, kol, buncis, tomat, dan lain sebagainya. Tentu saja sayur sop ini sangat bagus untuk kesehatan tubuh, sehingga cocok dijadikan menu sahur. 

  1. Susu

Menu sahur terbaik berikutnya yang jangan sampai kamu lewatkan, yakni berupa susu. Berdasarkan dari hasil penelitian, susu ini sangat bagus untuk meningkatkan stamina tubuh serta dapat memelihara kesehatan tulang dan gigi. Namun akan jauh lebih baik lagi, jika susu yang kamu minum itu adalah susu tanpa gula (susu murni). 

Nah, itulah beberapa menu sahur yang bisa membuat tubuhmu tetap bersemangat saat menjalankan ibadah puasa. Dari deretan menu sahur tersebut, menu manakah yang menjadi favoritmu?

 

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *