July 14, 2018

Inilah Dongeng yang Sarat Pengetahuan untuk Anak

Dummy

Bagi orang dewasa, dongen atau cerita imajinasi untuk anak mungkin terasa tidak realistis. Namun kisah-kisah imajinasi biasanya memiliki tempat tersendiri di hati anak-anak. Kisah tentang pahlawan, pangeran dan puteri, monster dan penyihir selalu memiliki makna untuk anak-anak. Namun tahukah anda jika di balik cerita yang tampaknya tidak realistis dan mengada-ada tersebut terdapat kejadian yang bisa saja terjadi di kehidupan sehari-hari, walaupun tidak sama persis. Berikut ini adalah 5 dongen yang sarat ilmu pengetahuan untuk anak:

  1. Puteri Salju dan Apel Beracun

Siapa yang tidak kenal kisah Snow White atau Putri Salju? Kisah tentang seorang puteri cantik yang jatuh tertidur selama bertahun-tahun setelah memakan apel beracun ini menjadi dongeng yang sangat disukai oleh anak-anak. Namun tahukah anda jika ada penjelasan sederhana untuk menjelaskan fenomena apel beracun yang dimakan Putri Salju? Dalam sudut pandang kedokteran, fenomena putri yang tertidur ini bisa disebabkan oleh bakteri Listeria monocytogenesis. Bakteri ini merupakan bakteri berbentuk batang yang terkandung dalam sejumlah makanan, salah satunya adalah apel. Bakteri Listeria bisa menyebabkan meningitis, sehingga penderita bisa mengalami kebingungan akut hingga pingsan dan koma.

  1. Pinokio yang Berubah Menjadi Manusia

Dongeng pinokio berkisah tentang boneka kayu yang berubah menjadi anak manusia karena mendapat kekuatan sihir. Fenomena ini jelas tidak masuk akal. Namun ada kasus yang memungkinkan Pinokio sebenarnya telah sembuh dari kelainan genetis bernama epidermodysplasia verruciformis. Kelainan ini ditandai dengan resiko karsinoma kulit yang cukup parah. Kekebalan tubuh yang lemah menyebabkan berbagai jenis human papillomavirus (HPV) masuk ke dalam tubuh, termasuk penyebab kutil. Fenomena ini dalam kasus yang rumit, bisa menimbulkan jaringan kulit yang mirip dengan akar tumbuh dalam tubuh seseorang. Kasus semacam ini pernah dialami oleh Dede Koswara, seorang Pria dari Indonesia.

  1. Manusia Serigala atau Werewolf

Ada beberapa cerita yang melibatkan manusia serigala, di antaranya adalah Beauty and The Beast dan Little Red Riding Hood. Dalam kondisi di dunia nyata, ternyata ada sindrom manusia serigala atau yang dalam dunia medis disebut dengan Hypertrichosis (hipertrikosis). Kelainan ini merupakan kelainan dengan jumlah bulu atau rambut yang berlebihan di seluruh tubuh atau bagian tubuh tertentu. Sindrom manusia serigala bisa disebabkan oleh mutasi genetik langka atau karena efek samping obat-obatan tertentu, bahan kimia, atau kanker jenis tertentu.

  1. Cermin Ajaib dalam Dongeng Putri Salju

Ingatkah kita dengan ratu jahat dalam kisah putri salju yang bertanya kepada cermin ajaib? Saat ini, teknologi serupa dengan cermin ajaib yang menjawab semua pertanyaan yang diajukan kepadanya telah diadopsi oleh teknologi modern. Salah satu yang mirip adalah Siri, fitur pengidentifikasi suara yang dikembangkan Apple sebagai asisren personal berbasis suara. Misalnya, jika kita menanyakan cuaca di tempat tertentu atau rute perjalanan tertentu kepada Siri, Siri akan memberi jawaban dengan detail. Bahkan, saat ini,  New York Times R&D Lab sedang mencoba membuat cermin besar menjadi sebuah saluran informasi yang menungkinkan kita untuk memuat berita dan membuat video refleksi.

Setelah membacakan dongeng tentu anak akan tertidur. Setelah tidur, ajaklah anak mandi. Biar mandinya makin menyenangkan berikan anak produk personal care seperti shampoo anak, sabun, dan pewangi dari DOREMI THOMAS & FRIENDS yang punya kandungan baik untuk anak. Aroma kaya buah-buahan dan kemasan uniknya, pasti disukai anak.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *